Cara Memilih Alamat URL Blog | Nama Domain Blog | Blog URL

Bagaimana Cara Memilih Alamat URL Blog

Cara Memilih Alamat URL Blog | Nama Domain Blog | Blog URL - Nama domain blog ataupun alamat url blogspot kita adalah faktor yang membantu kepopuleran blog kita pada halaman pencarian (search page). Jadi dalam memilih alamat url atau domain blog adalah sangat penting, karena itu disarankan untuk mempunyai pilihan terlebih dahulu sebelum beraksi dalam membuat blog. Sekilas seberapa penting pemilihan alamat URL blog atapun domain blog, mesin pencarian menggunakan robot (spider) untuk meng-crawl seluruh konten dari berbagai macam web atau blog. Disinilah peran nama domain atau alamat url blog kita bermain yang secara tidak langsung mendukung judul halaman kita (page titles) yang telah kita sisipi dengan title tags.
memilih url domain blog

URL Blog atau Nama Domain Blog

Melihat pentingnya pemilihan alamat URL dan juga domain blog maka seharusnya kita melakukan berbagai macam research dalam menentukan sebelum kita membuat blog. Apa yang perlu kita lakukan dalam research untuk memilih alamat URL blog atau nama domain blog?
  • Pertama adalah pikirkan pokok bahasan blog atau gampangnya adalah blog kita akan membahas apa. Dalam hal ini berkaitan dengan apa yang dimaksud Niche. Semakin bagus kita memperoleh niche maka semakin mudah kita pengoptimalan blog kita (SEO) nanti. Misal kita memilih bahasan tentang "busana gaul artis selebritis Indonesia".
  • Kedua adalah melakukan research, hal ini diperlukan untuk memberikan gambaran bagaimana bahasan blog kita nantinya. Kita memilih "busana gaul artis selebritis Indonesia", sekarang beranjak ke berbagai macam tool gratis yang disediakan oleh Google. Gunakan Google Keywords Tools (seperti pada gambar di atas), kita dapat mengakses lewat Google Adwords. Mudahnya ketik Google Keywords Tool di halaman pencarian maka akan menemukan link dengan judul "Keyword Tool - Google Adwords". Tinggal klik aja link tersebut.
  • Ketiga, tuliskan kata busana gaul artis selebritis Indonesia dalam kolom word or phrase. Lainnya kita biarkan kosong, jangan lupa untuk mengganti locations dan languages ke Bahasa Indonesia. Dalam menuliskan word atau phrase sebaiknya beragam misal busana, busana gaul, busana selebritis Indonesia dan lainnya.
nama domain url blog

  • Empat, kita akan melihat hasilnya. Kolom search term dapat kita temukan seberapa banyak pencarian keywords yang telah kita pilih. Lalu kolom dibawahnya adalah keyword idea yang menghasilkan 30 jenis keywords yang terkait dengan pokok bahasan kita. Dari sini kita mendapatkan penggambaran pokok bahasan blog kita nantinya sekalian dengan keywords blog kita nantinya.
hasil nama domain url blog

    hasil nama domain url blog1

    Menentukan Nama Domain Blog

    Dari poin ke empat di atas bisa kita simpulkan misalkan demikian
    Nama Blog  : Busana Gaul Selebritis
    Domain Blog  : busanagaulselebritis.blogspot
    Fokus  : Seputar perkembangan busana selebritis Indonesia
    Yang perlu diperhatikan disini adalah pemilihan nama url blog atau nama domain blog kita, mengingat juga ini tergantung dengan ketersediaan alamat yang kita pilih tersebut. Selain itu kita pertimbangkan dengan seberapa panjang pemilihan nama url blog kita, mengingat "longtail keywords" maka busanagaulselebritis masih bisa kita pilih.

    Mungkin juga hanya dengan busanaselebritis ataupun busanaartis. Yang perlu kita hindarkan dari sini adalah pemilihan alamat url blog atau nama domain yang terlalu memaksa, misalnya dengan penambahan kata hubung, milik (ku, nya) ataupun penambahan ikon - dan juga angka.

    Selain itu kita bisa menambah hasil research kita dengan berbagai macam tool lainnya semisal Traffic Travis ataupun Google Insights for Search. Pastinya akan memperkaya akan hasil keywords dan juga berguna dalam cara memilih alamat url blog atau nama domain blog kita.

    Seputar Blogspot dan AdSense :
    Previous
    Next Post »

    3 comments

    Write comments
    April 3, 2014 at 10:26 PM delete

    terimah kasih........ini sangat membantu.

    Reply
    avatar
    Unknown
    AUTHOR
    June 30, 2014 at 7:45 PM delete

    thanks yaa caranya bener bener canggih sekali coba langsung bisaa :) makasih yoo

    Reply
    avatar
    CodeFlare
    AUTHOR
    February 11, 2022 at 7:36 AM delete This comment has been removed by the author.
    avatar